Home » Digital Public Relations » Aktivitas Digital Public Relations Lion Air Dalam Kasus Pesawat JT-610

Aktivitas Digital Public Relations Lion Air Dalam Kasus Pesawat JT-610

Contact

Mohammad Shihab

E-mail:
mohammad@shihab.my.id

Top Posts & Pages

Follow me on Twitter

Advertisements

Maskapai penerbangan murah, Lion Air mengalami krisis sesaat setelah salah satu pesawat dengan kode JT 610 jatuh pada Senin (29/10) di Tanjung Karawang, Jawa Barat. Lion Air JT 610 memiliki rute dari Jakarta-Pangkalpinang. Sebelumnya, pesawat naas tersebut sempat hilang kontak. Pesawat Lion Air itu berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 06.20 WIB. Kemudian pesawat tersebut mengalami hilang kontak pada pukul 06.33 WIB. Lion Air merespon situasi krisis ini dengan menjalankan taktik digital public relations agar publik turut merasakan duka yang dialami oleh perusahaan.

Media sosial Lion Air berubah gelap

Lima jam setelah pesawat hilang kontak, Lion Air mengubah tampilan media sosialnya dengan warna gelap. Foto profil dan sampul Facebook page Lion Air Group berubah dari berwarna menjadi grayscale. Warna gelap dipilih sebagai simbol kedukaan.

Facebook note digunakan sebagai siaran pers resmi

Lion Air memanfaatkan fitur Facebook note untuk menyebarkan siaran pers resmi. Fitur Note digunakan karena konten pernyataan pers mengandung banyak jumlah karakter. Foto sampul Facebook note berisi nomor telepon Crisis Center dan informasi penumpang. LionAir mengepos pernyataan pers pertamanya di Facebook Page lima jam setelah JT 610 hilang kontak.

Update Facebook Page Lion Air

Lion Air mengepos siaran pers setiap kali perusahaan menerima informasi terkini di lapangan. Lion Air juga mengunggah foto-foto saat perusahaan melakukan tindakan-tindakan suportif kepada keluarga korban. Misalnya, saat manajemen Lion Air mendatangi keluarga korban. Seluruh foto diunggah dalam bentuk hitam putih.

Mengepos berita positif di Facebook page

Lion Air mengunggah link artikel berita yang bernada positif di Facebook page mereka. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kesan bahwa perusahaan sedang berusaha untuk memberikan pelayanan yang prima. Misalnya, artikel berita di Harnas.co yang menyebut Lion Air telah memberangkatkan semua keluarga korban ke Crisis Center.

Media sosial yang saling mendukung

Tidak hanya Facebook page, Lion Air juga memanfaatkan media sosial lain yaitu website, twitter, dan instagram untuk mengupdate informasi terkini. Halaman depan website Lion Air langsung memunculkan siaran pers terbaru saat mengakses website Lion Air. Tidak ada arsip siaran pers tersimpan di website ini. Siaran pers yang terarsip hanya bisa diakses melalui Facebook note Lion Air. Link Facebook note ini disebarkan di twitter dan instagram.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: