Home » Media relations » Strategi Mengirimkan Press Release

Strategi Mengirimkan Press Release

Contact

Mohammad Shihab

E-mail:
mohammad@shihab.my.id

Top Posts & Pages

Follow me on Twitter

Alangkah mengesalkan jika Anda telah susah payah membuat sebuah press relase, namun tidak ada media yang mengulas dan mempublikasinya. Jika Anda kerap mengalami hal ini, posisikan diri Anda sebagai seorang jurnalis, dan berpikirlah sejenak. Mengapa saya tidak mempublikasikan press release ini? Apakah karena tidak menarik? Tidak sesuai dengan pembaca atau media saya? Atau saya sedang sibuk?

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan oleh seorang Public Relations sebelum Anda mengirimkan press release yang telah Anda buat, dan apa yang harus Anda lakukan setelahnya.

1. Siapa saja yang harus Anda kirim?

Janganlah mengirimkan press release kepada semua wartawan, bahkan mereka yang tidak Anda kenal. Karena, e-mail yang Anda kirimkan pastilah dihiraukan oleh mereka. Nah, jika Anda mengenal mereka dengan baik, memang tidak ada salahnya mengirimkan rilis kepada para rekan-rekan media. Namun, jangan kecewa jika ternyata press release yang Anda buat tidak mereka publikasikan. Jika Anda ingin mereka menulis berita Anda, Anda harus memberikan data pendukung, angle yang menarik, dan tentunya sesuai dengan pembaca mereka.

2. Cek akurasi para jurnalis

Alangkah senangnya jika press release yang telah kita buat dipublikasikan oleh teman-teman media. Artinya, secara tidak langsung, brand kita telah mendapatkan promosi dan diketahui oleh para pembaca mereka. Namun, tidak jarang, teman-teman media melakukan penyempurnaan ketika mengadopsi press relase Anda. Karenanya, cek apakah mereka mengulas dengan akurasi yang baik?

3. Melakukan follow up

Ketika press release telah terpublikasikan, buatlah hubungan yang baik dengan para wartawan. Telepon mereka, ucapkan terima kasih, dan tawarkanlah wawancara lanjutan. Jika berita yang Anda berikan memang pas dengan pembaca Anda, bisa dipastikan mereka tidak keberatan untuk menulis lebih lanjut dan tentunya akan membantu marketing brand Anda berlanjut. Namun, jika mereka tidak tertarik, informasikan kepada mereka bahwa Anda akan siap membantu kapan saja jika mereka membutuhkan bantuan di kemudian hari.

Nah, melihat tips dari PRWorld, apakah Anda siap mengirimkan press release yang telah Anda buat kepada rekan-rekan media?

Sumber: PR World

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: